Edukasi Bersejarah, Siswa MTsN 6 Bantul Bertandang ke Obyek Sejarah Sumur Gumuling

(Bantul-MTsN 6 Bantul) – Kunjungan siswa kelas VII MTsN 6 Bantul ke Sumur Gumuling, yang terletak di jl. Jejeran Kedaton Pleret Bantul, adalah langkah edukasi yang patut diapresiasi.(20/10/23). Menurut koordinator pembelajaran Proyek Kurikulum Merdeka, Makmur Amrani,  membawa siswa-siswi ke situs sejarah ini adalah tindakan yang menunjukkan komitmen nyata untuk memperkaya proses pembelajaran.

Sumur Gumuling adalah salah satu peninggalan bersejarah yang berharga. Melalui kunjungan ini, siswa-siswi dapat merasakan sendiri atmosfer sejarah dan budaya yang melekat pada tempat ini. Mereka memiliki kesempatan untuk memahami aspek-aspek penting dari sejarah dan memahami bagaimana masa lalu membentuk identitas kita sebagai bangsa.

Edukasi bersejarah seperti ini memiliki dampak jangka panjang yang berharga. Selain memperluas pengetahuan siswa, kunjungan ini juga membantu mereka merasakan nilai-nilai warisan budaya yang perlu dijaga dan dihormati. Ini adalah langkah yang dapat membantu membentuk warga negara yang sadar akan sejarah dan budaya bangsanya.

Kepala madrasah Mafrudah mengelaborasi, “pembelajaran proyek Kurikulum Merdeka MTsN 6 Bantul merupakan salah satu upaya  dalam memperkaya pendidikan siswa.”. “Semoga inisiatif semacam ini terus tumbuh dan diadopsi oleh lembaga pendidikan lainnya, sehingga generasi muda kita akan terus terhubung dengan akar sejarah dan budaya yang kaya”, jelas Mafrudah. (elw)

Tinggalkan Balasan