Tumbuhkan Nilai Sila Pancasila, MTsN 6 Bantul Gelar HKP

Bantul (MTsN 6 Bantul) – Hari Kesaktian Pancasila adalah momen untuk menghormati dan mengenang seluruh pahlawan yang telah gugur dalam melindungi Pancasila. Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 01 Oktober guna merefleksikan arti kesaktian Pancasila dan pentingnya menjaga dan mempertahankan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya untuk menyatukan cita-cita Indonesia. 

Mengusung tema Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju, Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di MTsN 6 Bantul berlangsung khidmat dan lancar pada hari Minggu (1/10/2023). Upacara dilaksanakan pukul 07.00 WIB bertempat di halaman madrasah dan diikuti seluruh siswa, guru, dan pegawai dengan Pembina Upacara Kepala Tata Usaha Nasikhun Amin. 
Dalam amanat pembina upacara, Nasikhun Amin menegaskan untuk menanamkan dan menerapkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari khususnya di Madrasah tercinta. 
“Pada hari Ahad, 1 Oktober 2023, bangsa Indonesia secara serentak memperingati hari yang penuh sejarah yaitu Hari Kesaktian Pancasila. Tidak terkecuali MTsN 6 Bantul ikut memperingati dengan melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diikuti guru, pegawai dan siswa. Kegiatan ini penting untuk memantapkan Pancasila sebagai ideologi bangsa karena di era globalisasi ini nilai-nilai Pancasila perlu dilestarikan karena di dalamnya terdapat nilai-nilai kepribadian bangsa yang luhur,” tambahnya. 
Hal senada disampaikan pula oleh Kepala Madrasah, Mafrudah. “Dengan memperingati Hari Kesaktian Pancasila ini kami harap para siswa dapat memahami pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara dan menghindari ideologi-ideologi ekstrem yang dapat mengancam kestabilan negara,“ tegasnya. (bel/elw)

Tinggalkan Balasan