Dalang Cilik Raka dari MTsN 6 Bantul Tampilkan Lakon Dewa Ruci

Bantul – (MTSN 6 Bantul) memerankan berbagai tokoh untuk menceritakan sebuah kisah penuh teladan, dalang cilik dari MTsN 6 Bantul Raka Wersniwira Purnomo Aji tampil mantab di laboratorium Karawitan Universitas Negeri Yogyakarta (19/05/22). Bersaing dengan puluhan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Dalang Cilik Raka Wersniwira menampilkan lakon Dewa Ruci sebagai tema penampilan wayang kulit yang dihelat setahun sekali itu.
Kepala Madrasah Mafrudah bangga dan sangat mendukung kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian budaya wayang itu. “Saya bersyukur Raka dapat tampil prima di depan para juri, terlebih para juri adalah dari akademisi dan professional di bidangnya seperti prof. Suminto”, tutur Mafrudah. Kepala Madrasah juga merasa bangga dan lega karena pada saat hari pentasnya berbarengan dengan siswa yang kelas IX E MTsN tersebut sedang dalam situasi ujian ASPD. “Alhamdulillah bisa tampil di urutan nomor satu sehingga dapat melakoni ujian berstandar daerah pada sesi siang”, pungkas Mafrudah.
Paska pentas di universitas Negeri ternama di Yogyakarta Raka menuturkan “lakon Dewa Ruci adalah nama seorang Dewa kerdil (mini) yang dijumpai oleh Bima atau Werkudara dalam sebuah perjalanan mencari air kehidupan. Nama Dewa Ruci kemudian diadopsi menjadi lakon atau judul pertunjukan wayang, yang berisi ajaran atau falsafah hidup moral orang Jawa”, ungkap siswa yang juga juara akustik ini. Kehidupan ibarat perwayangan semuanya sudah diatur oleh dalang. Yang Maha Kuasa adalah pengatur sejati lakon-lakon di dunia ini. (ely)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.