Persiapkan Psikis Siswa Hadapi Ujian, MTsN 6 Bantul Gelar AMT Orang Tua dan Siswa

 

Sebanyak 374 peserta Achievement Motivation Training (AMT) tampak memadati musala Al-Hikmah dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan pada Jumat (15/4). Dengan didampingi oleh seluruh guru dan pegawai berjumlah 54 orang para orang tua dan siswa mengikuti dengan tertib jalannya AMT yang mendatangkan narasumber Purwanto, motivator nasional asal Yogyakarta. Sudah kali kedua ini Purwanto diundang ke madrasah untuk memberikan suntikan semangat dan motivasi di hadapan para siswa. Kemampuannya dalam mengaduk-aduk rasa dan kepekaan emosional terkadang mampu mengungkap kerahasian dan ketidakjujuran siswa selama ini. Oleh karena itu, metode yang diterapkan akan sangat mendukung penggalian permasalahan yang menghalangi motivasi belajar siswa.

Ratusan orang tua dan siswa dibuat luluh mengintropeksi diri, menilik sejauh mana kesiapan-kesiapan psikis telah dilakukan untuk menunjang peraihan nilai ujian yang maksimal. Ada empat aksi kunci sukses menurut Purwanto yakni dirikan salat, baca Al-Qur’an, belajar dengan tekun, dan memiliki akhlak mulia. Sementara itu ada tiga kunci hidup yakni beriman, berilmu, beramal. “Empat kunci sukses dan tiga kunci hidup itu harus diamalkan secara berdampingan agar siswa sukses menempuh ujian. Selama ini usaha yang dilakukan oleh siswa dirasa belum berhasil karena ada banyak sikap yang menghalanginya. Misalnya adanya rezeki yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari tidak halal, salat belum teratur, tidak rutin membaca Al-Qur’an, belum tekun dalam belajar, menyepelekan guru, dan menyakiti ayah bunda,” tutur Purwanto yang kerap dipanggil Kak Ipung.

Kepala MTs Negeri 6 Bantul, Mafrudah berharap dengan AMT ini para orang tua dan siswa akan terbuka hatinya untuk sama-sama introspeksi diri atas kesalahan dan kekurangan yang selama ini dilakukan. “Setelah acara ini siswa akan bertobat atas kesalahan-kesalahan yang diperbuat dan memperbaikinya sehingga siswa benar-benar siap menuju sukses ujian. Laksanakan semua yang telah disampaikan Kak Ipung terkait komitmen untuk sukses yakni luruskan niat, buka hati, buka pikiran, fokus materi, dan Ikhlas, serta sabar. Orang tua juga tak jemu-jemunya untuk memperhatikan waktu belajar siswa. Berikan kasih sayang dan perhatian Bapak/Ibu untuk kesuksesan anak-anak,” pungkas Mafrudah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.