Pokja Robotik MTsN 6 Bantul Sharing Ilmu Pelaksanaan Ekstra kurikuler Robotik di MTsN 2 Kota Kediri

Bantul (MTsN 6 Bantul) – Dalam rangka menambah wawasan dan informasi serta meningkatkan kualitas pendidikan, MTsN 6 Bantul melaksanakan kegiatan studi tiru ke MTsN 2 Kota Kediri. Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu (26/03/2022) diikuti oleh guru dan karyawan MTsN 6 Bantul yang berjumlah 50 orang dan dipimpin langsung oleh Kepala madrasah, Mafrudah, S.Ag.,M.Pd.I.

Dalam kegiatan studi tiru tersebut, tim dibagi menjadi 6 Pokja, yaitu keunggulan madrasah, riset, robotik, adiwiyata, UKS dan tata usaha. Setiap pokja dipimpin oleh seorang Koordinator Pokja. Koordinator Pokja robotik dari MTsN 6 Bantul, Joko Setiawan, S.Pd. dengan 5 anggotanya menerima penjelasan dan Informasi dari Koordinator Pokja robotik MTsN 2 Kota Kediri, Muhammad Lukman Bukhori, S.Pd. Dalam penjelasannya, Lukman secara detail menjelaskan teknis pelaksanaan ekstra kurikuler robotik yang ada di madrasahnya. “Pembimbing ekstra kurikuler robotik berasal  dari luar madrasah dengan berbackground ilmu yang relevan. Pembimbingan dilakukan sebanyak 8-10 kali menjelang lomba. Produk lomba disesuai dengan tema lomba,” kata Lukman.

“Pembina tugasnya memberikan arahan dan menyusun program, pembina terdiri dari guru yang telah ditunjuk di madrasah. Sedangkan pembimbing lebih berorientasi pada teknik pelaksanaan/eksekusi produk robotik, pembimbing biasanya diambil dari luar,” lanjutnya. Lukman juga menjelaskan bahwa peranan wali murid sangat besar untuk menentukan SDM unggul yang berasal dari siswa sehingga minat siswa sudah tertanam sejak dini dari didikan keluarga.

Beberapa pertanyaan diajukan oleh Koordinator Pokja robotik MTsN 6 Bantul dan juga para anggota secara bergantian dan dijawab secara detail. “Apakah setiap ada ajang lomba, produk hasil selalu karya terbaru dari siswa,” tanya Ritaningsih, salah satu anggota Pokja Robotik.  “Tidak selalu, seringkali produk adalah modifikasi dari  hasil sebelumnya dan disesuaikan dengan tema lomba,” jawab Lukman. Kegiatan tanya jawab dan sharing ilmu berjalan lancar, sebelum diakhiri dengan berfoto bersama. (Rit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.