Bentuk Pramuka Garuda, Kamad MTsN 6 Bantul Hadiri Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan Kwarcab Bantul

Bantul (MTsN 6 Bantul) – Senin (28/03) bertempat di Pendopo Pemda 2 Bantul, komplek Manding diselenggarakan Kegiatan Orientasi Majelis Pembimbing Gugus Depan yang berpangkalan di SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Gerakan Kwartir cabang Bantul dalam rangka percepatan Pramuka Garuda 2023. Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka. Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 038 tahun 2017 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah turut hadir dalam kegiatan tersebut bersama dengan kepala sekolah/madrasah di wilayah Kabupaten Bantul. Dalam sambutannya, Hj, Emi Maruroh, S.Pd. Ketua Kwarcab Bantul menyampaikan ucapan selamat datang kepada para peserta dan menjelaskan fungsi dari prinsip-prinsip pengembangan kepramukaan. “Pengembangan kepramukaan harus menganut prinsip kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan sosial, kecerdasan intelektual dan kecerdasan fisik,sehingga hal ini perlu dimiliki oleh semua majelis pembimbing dalam rangka membentuk pramuka garuda,” tuturnya.

Narasumber dari kegiatan tersebut adalah Waka Kwarda DIY, Drs. Arifin  Budiharjo, M.Pd. Arifin menjelaskan tentang karakteristik dalam pendidikan pramuka. “Terdapat 2 karakteristik dalam pendidikan pramuka, yaitu behavioristik atau perubahan perilaku dan experience atau pengalaman sehari-hari, kedua hal ini menjadi jalan seorang anggota pramuka menjadi pramuka garuda, ” kata Arifin. Di kesempatan yang sama, Arifin juga menyampaikan empat indikator keberhasilan pramuka, yaitu happiness, healthy, trampil dan suka membantu orang lain.

Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah merasa senang bisa mendapatkan ilmu dan informasi dari paparan Arifin Budiharja. “Harapan saya, bisa menjalankan amanah dari Gugus Pramuka Kwartir Cabang Bantul untuk mewujudkan percepatan pembentukan pramuka garuda di tahun 2023. (Rit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.