Siswa Kelas 9 MTsN 6 Bantul Ikuti TO PPAD Tingkat Provinsi

Bantul (MTsN 6 Bantul) – Selama empat hari yaitu 21-24 Maret 2022, MTsN 6 Bantul menggelar kegiatan tryout PPAD (Pemantapan Persiapan Asesmen Daerah) tingkat Provinsi. Try out diikuti oleh 187 siswa kelas 9 yang terbagi ke dalam 3 sesi. Masing-masing sesi diikuti oleh 63 siswa yang ditempatkan dalam 3 ruangan LAB Komputer.

Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah berharap seluruh siswa dapat hadir mengikuti kegiatan atau TO, dan dapat mengerjakan soal dengan baik sehingga memperoleh hasil yang maksimal, selain itu ia juga meminta semua pihak yang terlibat dapat bekerja semaksimal mungkin. “Kerjasama antara wali kelas, guru BK dan proktor harus baik, saling koordinasi sehingga siswa bisa hadir semua mengikuti TO, guru mata pelajaran juga harus mempersiapkan materi yang mampu mendukung kesiapan siswa dalam mengerjakan soal,” kata Mafrudah.

Proktor kegiatan TO PPAD, Rahmat Supriyadi menjelaskan teknis pelaksanaan kegiatan. “Moda penyelenggaraan dalam bentuk semi online, layaknya tryout UNBK dimana siswa mengakses soal test lewat server lokal kemudian data jawaban siswa baru dikirim ke server pusat PT Digital Artha Mandiri sebagai provider layanan TO PPAD,” kata Rahmat  Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA.

Siswa mengerjakan soal dengan durasi masing-masing mapel 100 menit dengan jeda waktu istirahat 30 menit. Materi soal yang diujikan berbetuk pilihan ganda dengan sistem soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) artinya tingkat kesukaran soal cukup lumayan tinggi, soal diacak dengan berbagai varian tingkat kesukaran. Inisiator penyelenggaraan tryout adalah MKKS tingkat provinsi DIY. Tryout berjalan dengan lancar dan kondusif. Sebelum siswa masuk mengikuti tryout siswa, mereka wajib mengikuti pendalaman materi yg disampaikan guru mapel PPAD. (rhm/rit).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.