Keren! Sekolah di Bantul Ini Wisuda Ratusan Penghafal Al-Qur’an


Solopos.com, BANTUL — MTSN 6 Bantul kembali mewisuda para siswanya yang mengikuti program menghafal Al-Qur’an atau tahfid. Wisuda ini sekaligus menjadi puncak acara serangkaian kegiatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-44 MTSN 6 Bantul.

Kepala MTSN 6 Mantul, Mafrudah, menyampaikan pada Wisuda Tahfid Kelas IX tahun ini sebanyak 187 siswa penghafal Al-Qur’an secara resmi diwisuda. Sebanyak 22 siswa di antaranya membacakan maqro dengan bacaan terbaik. “Tadi yang baca maqro ada 22 siswa yang bacaan terbaik dan mereka hafal tiga juz sampai 14 juz,” terang Mafrudah pada Sabtu (19/3).

Kepada para siswa yang telah diwisuda tahfid, Mafrudah berpesan agar mereka terus semangat belajar menghafal Al-Qur’an. “Dan yang paling penting dari hafalan Al-Qur’an itu adalah adab,” ujarnya.

“Karena adab ini kedudukannya lebih tinggi dari ilmu, sehingga harapan kami anak-anak yang menghafal Al-Qur’an itu juga mempunyai adab akhlakul karimah yang baik. Insyallah anak-anak kami akan sukses dunia akhirat,” tandasnya.

Dijelaskan Mafrudah Wisuda Tahfid merupakan puncak acara dari HAB ke-44 MTSN 6 Bantul. Berbagai kegiatan dilakukan dalam memeringati HAB ke-44 MTSN 6 Bantul salah satunya kegiatan semaan Al-Qur’an 30 juz. Tak hanya kegiatan keagamaan, sejumlah kegiatan sosial seperti bakti sosial hingga bersih pasar tradisional pun dilakukan dalam memeringati HAB ke-44 MTSN 6 Bantul.

“Bakti sosial itu kami untuk masyarakat sekitar berupa paket sembako. Itu ada 100 paket sembako, kemudian untuk siswa kami yang yatim dan dhuafa itu ada sekitar 200-an, kemudian [paket sembako] untuk GTT dan PTT. Jadi total nominal sekitar Rp29 juta rupiah untul bakti sosial dan santunan,” tuturnya.

 

Kepala Kanwil Kemenag DIY, Masmin Afif, mengucapkan selamat kepada MTSN 6 Bantul di HAB ke-44 telah melaksanakan wisuda tahfid. “Yang membanggakan ada yang sampai tahfid 14 juz. Kita berharap prestasi ini dapat terus kita pertahankan bahkan ditingkatkan agar madrasah semakin mendapatkan kepercayaan dari masyarakat,” tuturnya.

“Kepada anak-anakku yang sudah hafiz Al-Quran tolong untuk bisa dijaga hafalannya. Terus dilanjutkan bisa sampai hafal 30 juz,” ujarnya.

Masmin berharap, prestasi ini dapat meningkatkan animo masyarakat untuk bersekolah ke madrasah. “Animo masyarakat ke madrasah semakin membeludak. Sehingga kita menyiapkan generasi muda yang berakhlak mulia,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.