MTs N 6 Bantul Raih Prestasi Internasional Bidang Robotik

BANTUL, KRJogja.com– Sebanyak 179 siswa MTs Negeri 6 Kabupaten Bantul mengikuti wisuda purnasiswa dan penyerahan kembali kepada orangtua. Dalam acara tersebut juga dilakukan launching website perpustakaan de’Talenta Lib MTsN 6 Bantul.  Disampaikan pula pencapaian prestasi MTs Negeri 6 Bantul dikancah internasional dibidang penelitian dan robotik. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri sejumlah tamu undangan diantaranya, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Kakanwil Kemenag DIY, H Edi Gunawan,  MPdI, Kepala Kemenag Bantul, H Aidi Johansyah MM, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Drs Isdarmoko MPd M MPar.
 
Kepala MTs Negeri 6 Bantul, Mafrudah, SAg MPdI mengatakan, lewat perjuangan panjang, melelahkan ditengah badai Covid- 19, sebanyak 179 siswa dinyatakan lulus 100%. “Semoga ilmu yang sudah kalian dapatkan bermanfaat, jadi bekal meraih cita-cita dan tetap jadi siswa berkarakter madrasah hebat, bermartabat serta berkelas,” ujarnya.  Mewakili MTsN 6 Bantul, Mafrudah minta maaf kepada anak-anak, orangtua wali siswa jika selama tiga tahun mendidik siswa terdapat kesalahan kekhilafan yang dirasa belum sesuai harapan. Selain itu dalam mewujudkan madrasah hebat bermartabat dan berkelas. Bahkan MTs Negeri 6 Bantul, adalah madrasah dengan SK dari kakanwil sebagai madrasah unggul dan tahfidz. “Alhamdulillah dengan itu kami setiap tahun melahirkan anak-anak hafal Alquran, ada satu anak hafal 30 juz,” jelasnya.
 
Dalam dua tahun terakhir  banyak prestasi ditorehkan siswa MTs Negeri 6 Bantul baik prestasi akademik non akademik, tingkat kabupaten hingga internasional. “Belum lama kami mendapat juara riset internasional meraih perunggu. Bahkan khusus robotik internasional MTs N 6 Bantul meraup 4 penghargaan diempat kategori yaitu medali emas medali perak, dan juga sebagai The Best of innovation,” jelasnya.
 
Kakanwil Kemenag DIY, Edi Gunawan mengatakan, evaluasi perlu dilakukan untuk pelaksanaan untuk pendidikan selama tiga  tahun di MTs N 6 Bantul. Meski pendidikan selama 3 tahun dilalui dengan baik. Siswa yang lulus harus diberi motivasi dan dipantau harus bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi.  Edi berpesan amanah dari Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama untuk MTs Negeri 6 Bantul harus dijaga. Siapapun yang didalam dirinya dekat dengan Al Quran akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.
 
“Kita semua tahu bahwa MTs N Bantul dipercaya Kementerian Agama Pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Islam untuk bisa menyelesaikan program unggulan,” jelas Edi. Sebagai madrasah unggulan, MTs N 6 Bantul, harus berprestasi meski tidak harus setiap satu bulan.  Namun akumulasi dalam setahun itu minimal 12 prestasi tingkat nasional. (Roy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.