KAMPANYE PENCEGAHAN COVID-19, GURU MTS NEGERI 6 BANTUL TUGASI SISWA MENULIS POSTER

Bantul (MTs Negeri 6 Bantul) – Pencegahan penyebaran virus covid-19 dilakukan melalui kampanye oleh guru dan pegawai MTs Negeri Bantul. Hal yang paling nyata dilakukan adalah kampanye melalui poster. Guru SBK MTs Negeri 6 Bantul memberikan penugasan kepada siswa kelas VIII untuk mengumpulkan poster pencegahan meluasnya penularan virus covid-19.

Langkah ini sebagai tindak lanjut dari edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 dan SE Kemenag DIY No. B-1096 Tahun 2020. Sesuai poin nomor 4 dalam panduan pembelajaran di rumah selama covid-19, guru dalam memberikan materi dan tugas hendaknya menyesuaikan dengan minat dan kondisi siswa, dan difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup mengenai pandaemi covid-19.

Berangkat dari latar belakang itulah, Fauka Nurul selaku guru SBK MTs Negeri 6 Bantul berhasil mengumpulkan poster dari para siswa yang digambar dan diwarnai menggunakan spidol dan crayon. “Para siswa ada yang mengumpulkan poster larangan ke luar rumah, imbauan cuci tangan sesering mungkin, gunakan masker saat keluar rumah, dan lain-lain,” ujar Fauka.

Mafrudah selaku Kepala MTs Negeri 6 Bantul menyampaikan kepada guru agar dalam memberikan tugas kepada para siswa tidak berat tetapi yang terpenting ditekankan pada pendidikan terkait dengan kecakapan hidup. “Informasi yang ada berkaitan dengan covid-19 banyak sekali beredar. Bahkan, menjadi konsumsi para siswa setiap hari yang bisa didapatkan melalui televisi, internet, dan juga koran. Informasi yang ada kami imbau kepada guru-guru untuk dimanfaatkan dalam pemberian materi dan tugas sesuai mata pelajaran yang diampunya,” tutur Mafrudah.

Sementara itu, M. Ilham mengaku senang dengan tugas yang diberikan oleh Bu Fauka ini. “Saya langsung mengerjakannya karena menurut saya menggambar adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan,” ungkapnya. Poster-poster dan gambar komik yang terkumpul akan dijadikan sebagai nilai proyek para siswa. (Rin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.