Pelaksanaan Try Out UNBK Berbasis Komputer di MTsN 6 Bantul

Bantul (MTsN 6 Bantul)—Selama 4 hari yaitu sejak Senin – Kamis (20-23/1) MTsN 6 Bantul menggelar TRY OUT Ujian Nasional Berbasis Komputer atau Computer Basic Test (CBT). TO CBT diikuti oleh seluruh siswa kls 9 sebanyak 189 orang, adapun mata pelajaran yg diujikan adalah mata pelajaran UNBK yaitu bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam. TO CBT dilakukan secara semi online sebagaimana halnya simulasi UNBK yang dilaksanakan oleh Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) kementerian pendidikan dan kebudayaan, artinya siswa mengerjakan soal secara offline dari server dan hasil jawabannya diupload secara online.
TO CBT diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) kabupaten Bantul mengulang program yg sama tahun sebelumnya yang berjalan dengan sukses, karena waktunya lebih efektif dan biayanya lebih efisien. Kegiatan TO CBT di MTsN 6 Bantul berjalan dengan sukses selama berjalan, bahkan siswa mengikuti dengan antusias dan penuh kesungguhan. “Alhamdulillah berjalan lancar, siswa masuk dan keluar sesuai dengan waktu yang diberikan, listrik juga tidak ada kendala”, komentar Wijiyanto yang bertugas sebagai tehnisi dalam kegiatan TO CBT ini. Mulai tahun 2020 ini MTsN 6 Bantul menggelar TO CBT sebanyak 2 sessi.
Dimotori oleh 2 orang proktor yaitu Rahmat Supriyadi, S.Pd dan Umi Kultsum,M.Si dibantu 1 orang teknisi. Fasilitas yang disediakan adalah 4 unit server dan 103 unit komputer dilengkapi ruangan ber AC Kepala MTsN 6 Bantul, Mafrudah, S.Ag, M.PdI optimis fasilitas yang ada mampu mendukung kenyamanan siswa dalam mengerjakan soal sehingga menghasilkan prestasi yang gemilang. “Selain dukungan akademis, fasilitas juga perlu kita perhatikan demi kenyamanan anak-anak dalam mengikuti ujian” ungkap Mafrudah saat melihat langsung pelaksanaan TO CBT. (rt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.